Info Sekolah
Rabu, 05 Okt 2022
  • Mari Kita Kenal Protokol Kesehatan 5M Untuk Mencegah Penyebaran Virus Covid-19..

MPLS BERKARAKTER DI SMA N 1 CEPU

Diterbitkan : - Kategori : Informasi Sekolah

 

Untuk pertama kalinya SMAN 1 CEPU mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara offline atau tatap muka setelah lebih dari dua tahun diadakan secara online atau daring dikarenakan adanya pandemi Covid-19. MPLS merupakan kegiatan masa orientasi siswa baru yang dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran baru dalam rangka mendukung proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional. Fokus kegiatan MPLS ini adalah menginformasikan berbagai peraturan yang ada di sekolah, pengenalan semua warga sekolah, mengetahui fasilitas beserta sarana prasarana sekolah, pengetahuan tentang adaptasi kurikulum baru, pentingnya pendidikan karakter, serta pembinaan awal kultur (budaya) sekolah. 

Kegiatan MPLS SMA N 1 Cepu dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dimulai dari Senin 11 Juli hingga Rabu 13 Juli 2022.  Sementara panitia yang bertindak dalam kegiatan MPLS kali ini adalah kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) didampingi guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau selama kegiatan MPLS berlangsung.

Upacara Pembukaan MPLS Peserta Didik Baru SMA Negeri 1 Cepu Tahun Ajaran 2022/2023

Ket: Pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka pembukaan kegiatan MPLS di SMA N 1 Cepu (11/07/22)

Momen pembukaan kegiatan MPLS SMA N 1 Cepu  2022 ini diresmikan pada Upacara Hari Senin yang juga merupakan hari pertama Tahun Ajaran baru 2022/2023. Pelepasan balon dan penyematan Id card atau kartu tanda peserta pada perwakilan calon siswa baru menjadi penanda kegiatan ini dimulai. Tercatat sebanyak 321 peserta dalam kegiatan MPLS ini, yaitu terdiri dari 114 siswa laki-laki dan 207 siswa perempuan. Dengan rincian sebanyak 165 siswa berasal dari jalur zonasi, 31 siswa zonasi khusus, 64 siswa jalur prestasi, 6 siswa jalur perpindahan orang tua, dan 58 siswa berasal dari jalur afirmasi.

Ket: Pelepasan balon dalam rangka pembukaan kegiatan MPLS di SMA N 1 Cepu (11/07/22)

Berbagai materi telah disiapkan oleh panitia dengan narasumber yang berasal dari intern guru SMA N 1 Cepu maupun bekerja sama dengan pihak luar. Seluruh pelaksanaan kegiatan MPLS dipusatkan di gedung Aula SMA N 1 Cepu dengan pengaturan jadwal kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dimulai pukul 06.30 hingga 15.00 WIB setiap harinya.

 Pada pelaksanaan hari pertama MPLS terdapat beberapa materi yang disampaikan, yaitu mengenai Arti dan Makna Wawasan Wiyata Mandala beserta Visi dan Misi Sekolah disampaikan oleh Drs. Diana Johan Nusanto selaku Kepala SMA N 1 Cepu , materi Pengenalan Kurikulum Merdeka Dan Cara Belajar Efektif oleh Nur Afnan, S.Pd selaku Waka Kurikulum, materi Empat Pilar dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara oleh Dyah Listari Suryani, S.Pd selaku guru mata pelajaran PPKn, materi Pengenalan Warga Sekolah oleh Yanuar Andika, S.Pd. selaku Waka Humas, dan materi Pendidikan Karakter Dan Profil Pelajar Pancasila yang disampaikan oleh Drs. Ahmad Irfan, M.Pd selaku guru mata pelajaran PPKn.

Penyampaian materi Pendidikan Karakter dan Profil Pelajar Pancasila oleh Drs. Ahmad Irfan  (11/07/22

Ket:Penyampaian materi Pendidikan Karakter dan Profil Pelajar Pancasila oleh Drs. Ahmad Irfan  (11/07/22)

Ket:  Penyampaian materi Pengenalan Warga Sekolah oleh Yanuar Andika, S.Pd  (11/07/22)

Pelaksanaan MPLS hari kedua, diawali dengan kegiatan apel pagi dan presensi yang dilakukan oleh Drs. Agus Syamsudin dan tim panitia OSIS. Kemudian dilanjutkan penyampaian materi Wawasan Kebangsaan Dan Bela Negara yang disampaikan Septin Puji Lestari S.Pd selaku guru mata pelajaran PPKn, materi Pembinaan Mental yang disampaikan oleh Amelia Meigasari S.Pd selaku guru BK, materi Anak Goes to School yang disampaikan oleh Forum Anak Blora yang juga merupakan utusan dari Dinas Pemberdayaan Anak dan Perempuan. Peserta MPLS  tampak antusias menjawab kuis yang sudah disiapkan oleh Forum Anak Blora. 

Ket:  Penyampaian materi Anak Goes to School yang disampaikan oleh Forum Anak Blora (12/07/22)

Keseruan sesi acara bersama Forum Anak Blora dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai Tata Tertib Sekolah oleh Juhanto Adi Purnomo, S.Pd, materi Tata Krama Siswa yang disampaikan oleh Rahayu Kuncorowati, S.Pd selaku guru BK, dan materi Kepramukaan oleh Andi Windarto, S.Pd  selaku pembina Pramuka. Selain penyampaian materi bermanfaat diatas, keseruan kegiatan MPLS hari kedua ini terlihat ketika terdapat sesi ice breaking yang membuat para siswa kembali bersemangat. 

Pada hari ke-3 yang merupakan hari terakhir pelaksanaan MPLS, masih terdapat kegiatan yang tidak kalah bermanfaat dari hari hari sebelumnya. Banyak tema penting yang diangkat untuk disampaikan kepada para peserta didik baru. Yaitu diantaranya, materi Kesehatan Remaja oleh Rizqi Fibriana Sari, S.Pd.selaku guru mata pelajaran Biologi, Menumbuhkan Minat Literasi oleh Dra. Nur’aini selaku Kepala Perpustakaan, Pendidikan Akhlak yang dibagi menjadi kerohanian Islam oleh Ahmad Suyuti, S.Pd.I, M.Pd.I, kerohanian Katolik oleh Drs. Aris Haryono, dan kerohanian Kristen oleh Tata Mira, S.Th. Peserta didik juga mendapatkan materi mengenai Antisipasi dan Menangkal Berita Hoax yang disampaikan oleh Budi Haryono, S.Pd selaku guru BK, Pengenalan Fasilitas Sarana Dan Prasarana Sekolah oleh Dwi Indaryati M.Pd, selaku Waka Sarpras, serta informasi sekaligus pengisian angket kegiatan Ekstrakurikuler. Di akhir kegiatan peserta dikenalkan dan belajar bersama menyanyikan Mars SMA N 1 Cepu yang di sampaikan oleh Salib Murtingah, S.Pd selaku guru mata pelajaran Seni Musik.

Ket:Antisipasi dan Menangkal Berita Hoax yang disampaikan oleh Budi Haryono, S.Pd(13/07/22)

Ket: belajar bersama menyanyikan Mars SMA N 1 Cepu yang di sampaikan oleh Salib Murtingah, S.Pd (13/07/22)

Akhirnya setelah tiga hari kegiatan MPLS dan seluruh materi tersampaikan, kegiatan ditutup dengan Upacara Penutupan MPLS dengan upacara simbolils pelepasan id card MPLS dari perwakilan siswa, dengan Drs Agus Syamsudin sebagai Pembina Upacara dan OSIS yang bertugas mengatur berjalannya upacara serta menjadi petugas upacara. Di akhir acara peserta mendapatkan kesempatan menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan MPLS ini agar kedepannya bisa lebih baik lagi.

Ket:   Upacara Penutupan MPLS ditandai dengan simbolis pelepasan id card peserta  (13/07/22)

Ket:   Seluruh peserta MPLS pada Upacara Penutupan MPLS(13/07/22)

Sampai bertemu degan kegiatan MPLS tahun berikutnya! SMA N 1 Cepu Jaya Sepanjang Waktu !