Info Sekolah
Senin, 05 Des 2022
  • Mari Kita Kenal Protokol Kesehatan 5M Untuk Mencegah Penyebaran Virus Covid-19..

PERINGATAN HARI RAYA IDUL ADHA 1436 H SMANSA CEPU

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan Sekolah

CEPU – Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijah 1436 H (2015) kali ini berlangsung tidak serentak, yakni ada dua versi. Pemerintah berdasarkan sidang Isbat memutuskan Idul Adha jatuh pada hari Kamis tanggal 24 September 2015, sedangkan Ormas Islam Muhammadiyah mengeluarkan maklumat penetapan Idul Adha pada hari Rabu tanggal 23 September 2015.

Terkait dengan perbedaan penetapan Idul Adha tahun 2015, SMA Negeri 1 Cepu tidak mempermasalahkan apalagi menimbulkan polemik, tetapi menerima perbedaan tersebut. “ Perbedaan itu tidak perlu kita besar-besarkan, justru perbedaan itu harus kita maknai secara positif. Perbedaan Idul Adha terbukti membawa berkah, paling tidak akan terjadi hari-hari penyembelihan dan dan pembagian daging kurban lebih panjang kepada masyarakat “, ungkap Kepala SMA Negeri 1 Cepu Drs. Mulyani, M.Pd didampingi Ketua Panitia Kurban SMA Negeri 1 Cepu Drs. Nurwakit dan Ketua OSIS Titan Alviansyach Martin disela-sela pembagian hewan kurban (23/9). Tahun ini Panitia Kurban SMA Negeri 1 Cepu menyalurkan hewan kurban berupa kambing sebanyak 14 ekor, pungkas Drs. Nurwakit. Pembagian hewan kurban secara simbolis diserahkan langsung oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Cepu di halaman parkir.

Pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 1436 H di SMA Negeri 1 Cepu diselenggarakan pada hari Kamis (24/9). Sehubungan dengan adanya perbedaan penetapan Hari Raya Idul Adha, maka Sekolah memberikan kesempatan kepada Guru, Karyawan serta siswa yang merayakan Idul Adha pada hari Rabu (23/9). “Berdasarkan instruksi dari Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Blora, bahwa Sekolah wajib memberikan kesempatan kepada Guru, Karyawan serta siswa yang akan merayakan Idul Adha pada hari Rabu, namun setelah semua kegiatan selesai tetap harus masuk seperti biasa, ungkap Kepala SMA Negeri 1 Cepu melalui Wakasek Kesiswaan Drs. Agus Syamsudin.

Sholat Idul Adha diselenggarakan di halaman SMA Negeri 1 Cepu dihadiri oleh Guru, Karyawan, Siswa SMA Negeri 1 Cepu, hadir juga masyarakat sekitar sekolah serta alumni SMA Negeri 1 Cepu. Bertindak sebagai Imam dan Khatib adalah Drs. Nurwakit. Dalam khotbahnya yang bertemakan “Asal Usul Kurban” mengajak kepada jamaah untuk : 1) Dengan hati meyakini bahwa segala nikmat asalnya dari Allah SWT, 2) Dengan perbuatan, selalu menghitung nikmat Allah dan mensyukuri nikmat Allah dengan cara melaksanakan ibadah sholat yang wajib maupun sunat, serta berkorban baik harta maupun jiwa. Sholat Idul Adha berakhir pada pukul 07.30 WIB ditandai dengan pulangnya jamaah kerumah masing-masing. Semoga dengan berkurban dapat meningkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT. Amin