Info Sekolah
Senin, 05 Des 2022
  • Mari Kita Kenal Protokol Kesehatan 5M Untuk Mencegah Penyebaran Virus Covid-19..

PESERTA PEMILIHAN DUTA WISATA BLORA DIAJAK KE SUMUR MINYAK TUA DAN KAMPUNG SAMIN

Diterbitkan : - Kategori : Informasi Sekolah

BLORA. Pemilihan Kakang Mbakyu Duta Wisata Kabupaten Blora 2015 telah mencapai tahap karantina di Hotel Mustika selama 3 hari mulai 7 Oktober kemarin hingga 9 Oktober besok. Saat karantina hari kedua usai tahapan pembekalan materi dan seleksi dilakukan, semua peserta diajak berkunjung ke destinasi wisata sumur minyak tua Banyuasin dan Kampung Samin di Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo.

Ada 38 peserta putra maupun putri yang dikenalkan dengan potensi wisata sumur minyak tua tradisional dan keunikan Kampung Samin Sedulur Sikep (Samin), Kamis (8/10), dengan harapan nantinya mereka akan bisa turut serta mempromosikan potensi wisata Kabupaten Blora di luar daerah.

Sugiyanto, Kepala Bidang Pariwisata DPPKKI Blora mengungkapkan bahwa pihaknya bersama panitia pemilihan duta wisata dengan sengaja mengagendakan kunjungan kedua lokasi tersebut agar menambah wawasan potensi pariwisata para peserta yang kebanyakan berasal dari pelajar SMA dan mahasiswa ini.

“Selain dibekali materi seperti kemampuan bahasa jawa, bahasa inggris, dan pengetahuan lainnya. Kami juga kenalkan potensi wisata unggulan Blora kepada peserta duta wisata sperti halnya sumur minyak tua dan kampung samin yang pernah dikunjungi presiden Maret lalu. Dengan demikian mereka tahu pasti kondisi lapangan sehingga bisa bercerita kepada dunia luar tentang potensi wisata Blora,” ungkapnya.

Sementara itu, Niken salah satu peserta dari SMAN 1 Tunjungan merasa sangat terkesan dengan potensi sumur minyak tua yang masih dikelola secara tradisional di Desa Banyuasin. “Ini baru pertama kalinya saya kesini dan ternyata menambah ilmu baru tentang bagaimana mendapatkan minyak bumi dengan cara-cara yang masing tradisional sehingga sangat menarik untuk dikunjungi dan dipelajari,” jelasnya.

Sedangkan saat berkunjung di Kampung Samin Desa Klopoduwur, rombongan peserta duta wisata langsung disambut oleh sesepuh setempat yakni Mbah Lasiyo di Pendopo Sedulur Sikep Samin Karangpace. Ketigapuluh delapan peserta antusias mengikuti dialog tradisi budaya sedulur sikep, bahkan tanya jawabpun berlangsung hingga sore hari.

Kunjungan diakhiri dengan sesi foto bersama dengan para tokoh sikep Klopoduwur di depan Pendopo Sedulur Sikep Samin Karangpace. Semua peserta tampak senang dan tersenyum manis walaupun menahan capek setelah seharian berkegiatan.

Perlu diketahui, tahapan pemilihan kakang mbakyu duta wisata Kabupaten Blora 2015 akan berakhir di babak grand final yang akan diselenggarakan di panggung terbuka Blok T Kota Blora pada 9 Oktober besok malam pukul 19.00 WIB. Dengan menggunakan pakaian adat jawa, semua peserta akan diarak dari lokasi karantina menuju pangung grand final menggunakan becak dan diiringi kesenian barongan.

Sumber : Portal Info Blora