Info Sekolah
Rabu, 05 Okt 2022
  • Mari Kita Kenal Protokol Kesehatan 5M Untuk Mencegah Penyebaran Virus Covid-19..

SMANSA CEPU GELAR LOMBA PBB TINGKAT JATENG – JATIM 2015

Diterbitkan : - Kategori : Kegiatan Sekolah

Berita Smansa – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2015, Ikatan Alumni Pasbarsa (IKAPA) SMA Negeri 1 Cepu, Sabtu (14/11) menggelar Lomba Peraturan Baris-Berbaris (PBB) Tingkat SMA/SMK/MA Se – Jawa Tengah dan Jawa Timur. Lomba tersebut dibuka oleh Kepala SMA Negeri 1 Cepu Drs. Mulyani, M.Pd. Tampak hadir dalam acara tersebut Kepala Dindikpora Kabupaten Blora yang dalam hal ini diwakili oleh Kabid Pora Sukartono, SE, MM, Sekretaris Camat Cepu M. Solekhan Mochtar, Ketua Panitia Gagah Prasofi, dan Guru Pendamping masing-masing perwakilan sekolah. Dalam sambutannya Kepala SMA Negeri 1 Cepu, mengatakan digelarnya kegiatan lomba baris-berbaris tingkat SMA Se – Jateng dan Jatim itu bertujuan untuk menanamkan kembali sikap disiplin serta nilai-nilai semangat bela negara kepada seluruh pelajar, sehingga semangat wawasan kebangsaan tidak luntur , yang diakibatkan arus moderenisasi.

“Lomba baris-berbaris banyak manfaatnya diantaranya untuk memperkuat solidaritas sosial dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat. Hal itu dikarnakan sikap individualisme sebagai dampak dari pengaruh moderenisasi yang kian merebak ditengah-tengah masyarakat, yang cenderung membuat kerapuhan sosial dan hanya menambah kesengsaraan masyarakat. Untuk itulah, pemuda secara cerdas harus bisa manjadi prakarsa untuk menguatkan solidaritas sesama anak bangsa”, pungkas Drs. Mulyani, M.Pd. Sementara itu Kepala Dindikpora Kabupaten Blora Drs. Achmad Wardoyo, M.Pd melalui Kabid Pora Sukartono, SE, MM memberikan apresiasi terhadap Lomba PBB antar SMA Se – Jateng dan Jatim yang diadakan oleh SMA Negeri 1 Cepu, dengan harapan kedepannya kegiatan lomba PBB ini dapat menjadikannya sebagai kegiatan ekstra kurikuler disekolah, sehingga dapat memberikan nilai positife berkaitan dengan transpormasi nilai kebangsaan dan cinta tanah air. Lomba diikuti oleh 7 tim dari SMA/MA/SMK se – Jateng dan Jatim. Setiap satu tim terdiri dari 18 peserta dengan lama waktu lomba selama 30 menit. Keluar sebagi juara I, II dan ke III yaitu :

  1. SMA Negeri 2 Bojonegoro dengan total nilai 677,61.
  2. SMA Negeri 2 Blora dengan total nilai 676,93.
  3. SMA Negeri 1 Sragen dengan total nilai 649,66.

Sedangkan tim terdisiplin diraih oleh SMA Negeri 1 Sragen dengan total nilai 311 dan tim dengan Variasi Terbaik diraih oleh SMA Negeri 1 Bojonegoro dengan total nilai 452,66. Para pemenang lomba telah melalui 6 unsur penilaian seperti: gerakan dasar di tempat, gerakan berjalan, gerakan perubahan arah, gerakan variasi, kerapian pakaian dan terakhir kedisiplinan. Upacara ditutup secara resmi oleh Kabid Pora Dindikpora Kabupaten Blora Sukartono, SE, MM dilanjutkan pengumuman pemenang dan penyerahan Thropy dan Uang Pembinaan kepada para pemenang. (Anton Moedji)