Visi
Kamis, 11 Jul 2024
  • “Menjadi sekolah yang berbudaya dan berkarakter Pelajar Pancasila untuk mewujudkan civitas akademika yang TERDEPAN”
  • “Menjadi sekolah yang berbudaya dan berkarakter Pelajar Pancasila untuk mewujudkan civitas akademika yang TERDEPAN”
23 Februari 2024

IHT : Transformasi Pendidikan di SMA Negeri 1 Cepu Menuju Integritas

Jum, 23 Februari 2024 Dibaca 145x Berita

SMA N 1 Cepu – Pada Kamis tanggal 22 Februari 2024, bertempat di Aula SMA Negeri 1 Cepu terlaksana acara In House Training yang bertajuk “Peningkatan Karakter Bernalar Kritis Untuk Berani Mewujudkan Sekolah Berintegritas”. Acara ini dihadiri oleh seluruh staf pengajar dan karyawan sekolah, yang berlangsung pada pukul 08.00 WIB, bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Cepu.

Acara diawali dengan penghormatan terhadap kebangsaan melalui nyanyian lagu Indonesia Raya, yang dipandu oleh Ibu Stephani Widowati, S.S, dan diikuti dengan doa bersama yang dipimpin oleh Bapak Suyuti, S.Ag. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Sekolah, Ibu Bekti Ratna Timur Astuti, S.Kom., M.Pd., yang menyapa peserta dengan penuh kehangatan dalam bahasa Jawa, hal ini berkaitan dengan implementasi budaya positif “penggunaan bahasa jawa pada setiap hari Kamis” di SMA N 1 Cepu. Dalam sambutannya, ibu Ratna mengungkapkan rasa syukur dan memberikan gambaran mengenai program-program pendidikan yang sedang dijalankan.

Tidak ketinggalan, sambutan dari Kacabdin, Bapak Budi Santosa, S.Pd, M.Pd, M.Si., memberikan sentuhan yang tidak kalah bermaknanya dalam acara tersebut dengan menggunakan bahasa Inggris. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas undangan dan mengingatkan akan pentingnya transformasi dalam pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah.

Narasumber utama acara, Drs. Slamet Setya Budi, M. Pd, yang bertindak sebagai Pengawas SMA Cabdin Wilayah IV, kemudian memberikan materi yang sangat menggugah pikiran tentang pentingnya integritas dalam dunia pendidikan. Beliau menyoroti konsistensi program serta pentingnya menjadi teladan yang baik bagi para siswa, dengan memberikan ilustrasi konkret dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.

Dalam sesi berikutnya, Bapak Budi juga menekankan peran guru sebagai agen perubahan yang harus memiliki karakter AMPUH: Asertif, Menghargai, Pandai Komunikasi, Usaha Optimal, dan Hindari Kekerasan. Materi ini diterima dengan antusias oleh peserta, yang menyadari betapa krusialnya peran mereka dalam membentuk karakter siswa.

Acara ini tidak hanya memberikan wawasan, tetapi juga menyoroti langkah-langkah konkrit untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah yang lebih praktis dan relevan menjadi fokus utama, dengan penggunaan platform Merdeka Mengajar sebagai sarana utama.

Selain itu, penekanan pada konten kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa juga menjadi poin penting dalam upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran. Hal ini tercermin dalam diskusi tentang pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), di mana peserta diajak untuk melakukan analisis kebutuhan, penetapan tujuan, hingga evaluasi dan revisi.

Melalui kolaborasi yang erat antara para guru, karyawan, dan pihak terkait lainnya, diharapkan SMA Negeri 1 Cepu dapat terus melangkah menuju perubahan yang lebih baik, tidak hanya dalam hal prestasi akademik, tetapi juga dalam membentuk karakter bernalar kritis dan berintegritas bagi generasi penerus bangsa.

Artikel Lainnya

Agenda Sekolah

01
Agu 2024
25
Mar 2024

Pengumuman

Terbit : 30/05/2024
Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Inklusi di SMA N 1 Cepu
SMA Negeri 1 Cepu membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Inklusi bagi Anak Berkebutuhan..
Terbit : 04/05/2024
Cek Pengumuman Kelulusan Kelas XII IPA/IPS Tahun Ajaran 2023/2024
Kepada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Cepu, Dengan ini kami ingin memberikan pemberitahuan penting..
Terbit : 07/09/2023
Pilketos Periode 2023/2024
SMA Negeri 1 Cepu melaksananakan pemilihan OSIS  secara online pada tanggal 12 September 2023. Ada 5..

Buletin Prisma

Rubah Mac Acak Menjadi Mac Perangkat
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.
Syarat dan Ketentuan Media Sosial
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.
Fasilitas WiFi Sekolah
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.
Troubleshoot WiFi Sekolah
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.
Syarat dan ketentuan Penggunaan WiFi Sekolah
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.

Video Terbaru