MASA ORIENTASI SISWA TAHUN AJARAN 2015/2016

CEPU – Masa Orientasi Siswa (MOS) menjadi hal wajib di seluruh sekolah yang ada di Indonesia, terkhusus bagi SMA Negeri 1 Cepu. Fungsi dari MOS sendiri adalah sebagai kegiatan memperkenalkan lingkungan sekolah dari kelas, mata pelajaran, para guru dan teman sebaya agar para siswa baru tidak “kaget” dengan suasana baru. Seringkali kita melihat di media massa, bahwa MOS dijadikan ajang kekerasan dari kakak kelas kepada adik kelas yang merupakan siswa baru ini. Kasus bullying dari MOS atau ospek menjadi materi berita utama di tahun ajaran baru seperti sekarang ini.

Melihat keresahan masyarakat terkhusus siswa baru dan orang tua, SMA Negeri 1 Cepu menjadikan MOS sebagai kegiatan untuk memperkenalkan lingkungan sekolah, dan menunjukkan bahwa keakraban di seluruh elemen didalamnya (guru, karyawan dan siswa itu sendiri). Masa orientasi lazim kita jumpai hampir di tiap sekolah, mulai dari tingkat SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Tak pandang itu sekolah negeri maupun swasta, semua menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada siswa barunya. MOS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MOS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu. Tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah.

Untuk pra-MOS tahun ini dilaksanakan pada tanggal 6 Juli 2015 dengan mengumpulkan calon siswa baru yang berjumlah 256 siswa untuk diberikan pengarahan untuk persiapan MOS. “Kami dari OSIS dan MPK memang mengumpulkan calon siswa baru untuk persiapan MOS tanggal 9-11 Juli 2015, ungkap Maudy Risma Slodia Ketua OSIS SMA Negeri 1 Cepu. Pada pelaksanaan MOS Tahun Pelajaran 2015/2016 kali ini siswa di bagi menjadi 10 gugus yang nantinya tiap gugus akan didampingi oleh OSIS pada saat pelaksanaan MOS berlangsung.
Hari pertama MOS dibuka secara resmi oleh kepala sekolah SMA Negeri 1 Cepu Drs. Mulyani, M.Pd dalam upacara yang dilakasanakan di dalam ruangan karena MOS tahun ini bertepatan dengan bulan puasa sebelum kegiatan MOS selama tiga hari dilakukan. Selain arahan dari Kepala Sekolah, pada upacara, dilakukan juga pembukaan agenda MOS secara simbolis dengan pemasanga tanda peserta MOS yang disiapkan oleh panitia serta peserta MOS. Dalam sambutannya Kepala SMA Negeri 1 Cepu menuturkan, “kegiatan MOS bagi siswa baru tidak ada nuansa kekerasan, namun hanya diberikan materi yang bersifat pengenalan lingkungan sekolah, kegiatan MOS bagi siswa baru tidak ada nuansa kekerasan, namun hanya diberikan materi yang bersifat pengenalan lingkungan sekolah saja”, ungkap Drs. Mulyani, M.Pd. Mengingat waktu pelaksanaan MOS ini bersamaan dengan bulan puasa untuk waktu pelaksanaannya dimulai pukul 07.00 hingga 12.00 WIB.
MOS hari kedua diawali dengan agenda kedisiplinan melalui sosialisasi tata tertib dari unit bimbingan konseling sekolah. Adanya sosialisasi tata tertib ini, siswa-siswi baru diharapkan agar mengerti, memahami, dan mentaati apa yang telah disepakati bersama terkait kedisiplinan di sekolah ini. Setelah agenda kedisiplinan, panitia MOS dari OSIS melakukan pendampingan di tiap kelas guna menjalin keakraban antar angkatan. Selanjutnya para siswa baru dikumpulkan lagi dalam forum bersama untuk menerima materi terkait motivasi berorganisasi. Materi ini dimaksudkan untuk mendorong minat dan bakat siswa pada kegiatan ekstrakurikuler ataupun organisasi, guna meningkatkan kapasitas softskill para siswa baru.
Hari ketiga MOS sekaligus hari terakhir MOS diisi oleh agenda kerohanian yang dibawakan guru agama dalam forum besar. Harapannya dengan adanya orientasi kerohanian ini, siswa baru dapat mendasari segala kegiatan belajarnya pada agama, agar terbentuk karakter baik yang menjadi harapan dari sebuah proses pendidikan. Setelah agenda tersebut calon siswa baru diberikan kesempatan berkunjung ke Perpustakaan untuk melihat koleksi serta tata tertib yang berlahu di perpustakaan. Di akhir agenda MOS akhirnya dilakukan penutupan yang berlangsung secara meriah dan menghibur, menuntaskan orientasi tempat belajar siswa baru untuk bisa berproses sesuai harapan dari materi-materi yang telah diberikan dalam MOS selama tiga hari ini. Penutupan MOS SMA Negeri 1 Cepu ditutup secara simbolis dengan pelepasan tanda peserta oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Cepu Drs. Mulyani, M.Pd, acara kemudian dilanjutkan dengan diadakannya Lomba Tumpeng diteruskan dengan Acara Buka Bersama.