Pelantikan Pramuka Penegak Bantara SMANSA Cepu

Berita Smansa – Dunia Pramuka merupakan dunia bagi siapa saja yang mau bergembira, berfikir kritis, berprestasi, namun menciptakan sesuatu yang dimanfaatkan oleh orang banyak, sehingga pramuka dari pertama berdiri sampai sekarang tetap eksis pada jalur non formal yang mengedepankan janji kehormatan dan moral, sehingga pesan yang disampaikan dalam setiap materi kepramukaan dapat menyentuh jiwa lahiriah dan batiniah setiap anggota. Pramuka tidak mengenal batas usia, bahkan anggota Pramuka mempunyai jiwa “ Ing Ngarso Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani “. Seperti halnya organisasi Pramuka di sekolah lain, Dewan Kerja Ambalan Diponegoro dan Ambalan R.A. Kartini, Pangkalan SMA Negeri 1 Cepu tiap tahunnya mengadakan kegiatan akhir masa jabatan yaitu Pelantikan Bantara.

Sehubungan dengan hal tersebut guna meningkatkan kualitas anggota pramuka Gugus Depan 05.029 – 05.030 Ambalan Diponegoro dan Ambalan R.A. Kartini, Pangkalan SMA Negeri 1 Cepu menyelenggarakan acara pelantikan calon penegak bantara pada tanggal 13 – 15 Mei 2016. Acara pelantikan yang dilaksanakan selama tiga hari satu malam tersebut diikuti oleh 272 peserta kelas X Tahun Pelajaran 2015-2016. Upacara pembukaan dilaksanakan pada hari Jumat (13/5) sebagai Pembina Upacara Kakak Yanuar Andika, S.Pd mewakili Ka. Mabigus SMA Negeri 1 Cepu. Dalam sambutannya Kak Dika memaparkan tentang Permendikbud Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Ekstrakurikuler Wajib.

Sementara moment yang ditunggu berikutnya adalah api unggun. Dalam penyalaan api unggun ini sangat unik dan menjadi kejutan untuk para peserta upacara api unggun, karena api unggun tersebut tidak dinyalakan oleh petugas pembawa obor namun api diluncurkan dari atas gedung setelah pembawa obor mengucapkan Dasa Dharma Pramuka. Kemudian dilanjutkan amanat oleh Pembina Upacara. “Tujuan diadakannya kegiatan pelantikan Bantara adalah mengembangkan persaudaraan, persatuan di kalangan Pramuka penegak serta memberi kepada mereka kegiatan yang bersifat kreatif, reaktif, Inovatif dan produktif yang mengarah kepada kemampuan untuk mandiri dalam kehidupan dan dapat memberikan bantuan untuk kemajuan lingkungannya sesuai dengan kebutuhan serta perkembangan jaman” papar Drs. Mulyani, M.Pd Kepala SMA Negeri 1 Cepu yang sekaligus sebagai Ka. Mabigus dalam amanat yang disampaikan. Beraneka ragam kegiatan yang dilaksanakan dalam 3 hari 1 malam dikemas dalam sebuah kegiatan perkemahan. Kegiatan tersebut mulai dari Upacara Kepramukaan, Materi Kepepmimpinan oleh Kepala SMA Negeri 1 Cepu Kakak Drs. Mulyani, M.Pd ; Materi Kepemerintahan oleh Camat Cepu Kak Mei Nariyono, S.H ; Materi Bela Negara oleh Danramil Cepu Kak Ribut Agiyoko, S.H, Materi Kenakalan Remaja oleh Kapolsek Cepu Kakak Slamet Iriyanto, S.H, MSi yang diwakili Kanit Bimas Kakak Iptu Sujiharno ; Api unggun, Pentas Seni, Permainan, , dan kegiatan malam yaitu pengembaraan. Prosesi pelantikan Pramuka tingkat Penegak Bantara dilaksanakan di Lapangan Atletik Pusdiklat Migas Nglajo Cepu setelah para peserta melakukan perjalanan malam. Sebagai Pembina Upacara adalah Ka. Mabigus SMA Negeri 1 Cepu Kakak Drs. Mulyani, M.Pd. Prosesi pelantikan diawali dengan tanya jawab calon penegak bantara dilanjutkan pengucapan janji, pencucian tangan serta membasuh muka tiga kali dan penyematan pangkat Penegak Bantara, ditutup dengan pemberian ucapan selamat dari pembina upacara dan pembina gudep. Acara esok harinya Minggu (15/5) adalah Out Door Game antar kompi di lapangan SMA Negeri 1 Cepu, dilanjutkan Upacara Penutupan dan pengumuman kompi yang paling semangat dan kompi tergiat. Pada Pukul 11.15 acara selesai peserta kembali pulang ke rumah masing-masing. (Anton Moedji)