PEMILIHAN KETUA OSIS ONLINE MASA BAKTI 2015/2016

CEPU – Terobosan pembelajaran dilaksanakan oleh SMA Negeri 1 Cepu. Kegiatan Pemilihan Ketua OSIS (Pilkatos) dimanfaatkan sebagai media pembelajaran demokrasi sekaligus pembelajaran teknologi informasi.
Pesta demokrasi internal itu digelar secara online, kemarin (8/9). “Kami melakukan pemilihan secara online untuk yang kedua lainya. Hasilnya ternyata bagus dan menunjukkan cukup representatif apabila dilaksanakan dalam kegiatan-kegiatan pemilihan di negara ini,” ujar Kepala SMA Negeri 1 Cepu, Drs. Mulyani, M.Pd disela-sela pemilihan berlangsung.
Ketua MPK, Billy Indrawan didampingi Ketua OSIS Maudy Risma Slodia menjelaskan, pemilihan ketua OSIS dengan memanfaatkan teknologi internet itu lebih efisien. Dalam pelaksanaanya pemilihan Ketua OSIS periode 2015/2016 tersebut setiap siswa diberi user dan password untuk memilih calon ketua OSIS masing-masing.

“Kami dari MPK memiliki ide untuk berinovasi mengadakan pemilu yang lebih efisien dan efektif serta hemat waktu. Kami juga berpikir seiring majunya teknologi kenapa tidak mengimplementasikan ke sebuah penyaluran demokrasi,” kata dia, Senin (7/9).
Di setiap bilik suara disediakan laptop perangkat IT yang online terintegrasi dengan pusat tabulasi penghitungan suara. Mekanisme itu membuat asas pemilu yang langsung, umum, bebas, dan rahasia terjamin.

Setiap siswa, memiliki kebebasan untuk menentukan pilihannya dan sampai pada penghitungan dan rekapitulasinya dipastikan tepat dan cepat. Sebelumnya, penetapan calon dilalui dengan tahap seleksi sehingga muncul 4 orang calon kandidiat Ketua OSIS, diantaranya Izaaz Azzah Faizah (1), Bobby Chrismon (2), Titan Alviansyach Martin (3), dan Malicha Dian Lestari (4) dan tahapan berikutnya para calon diberi kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi mereka setelah upacara bendera Senin (7/8).
Koordinator dan tim IT SMA Negeri 1 Cepu, Tangguh Filosofi U.N, ST, mengatakan timnya sudah melakukan beragam penyesuaian agar hanya murid SMA Negeri 1 Cepu sebagai pemilih yang memiliki kata kunci guna masuk ke dalam sistem pemilihan online. Kata kunci itu bakal dibagikan kepada seluruh murid saat hari pemilihan dan dirancang agar berfungsi sekali serta untuk satu siswa saja. “Kami tidak menggunakan biaya apapun alias nol rupiah karena menginduk pada website sekolah,” katanya.

Proses pemberian suara dilakukan pada Selasa (8/9) pukul 08.00 WIB s.d. selesai. Pada pukul 15.15 WIB, hasil hitung cepat pemilu OSIS bakal diketahui. “Sistem sudah dikunci. Kami menerapkan generator password. Jadi, asas jujur, langsung, umum, dan rahasia tetap terjaga. Kami pun tidak mengetahui siapa memilih siapa dalam pemungutan suara ini. Dari hasil pemilu ini nanti juga dapat diketahui berapa jumlah pemilih dan siapa yang golput,” katanya.
Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, melalui stafnya Yanuar Andika, S.Pd, mendukung sepenuhnya inovasi yang dilakukan para siswa. Proses tersebut bakal dievaluasi dan dimungkinkan untuk digelar pemilihan selanjutnya. “Pemilihan online lebih efektif karena tidak perlu mencetak surat suara. Sementara, pada pemilihan secara konvensional membutuhkan banyak kertas. Padahal jumlah siswa sekitar 862 orang,” jelasnya.

Pemilihan OSIS secara online tersebut ditutup oleh panitia pukul 15.15 WIB. Adapun hasilnya yang terpilih menjadi Ketua OSIS SMA Negeri 1 Cepu Tahun 2015/2016 adalah Titan Alviansyach Martin dengan perolehan suara sebanyak 286 suara mengalahkan 3 calon lainnya, Izaaz Azzah Faizah 281 suara, Malicha Dian Lestari 152 suara dan Bobby Chrismon 143 suara.
Ditemui secara terpisah setelah pengumuman hasil pemilhan, Ketua OSIS terpilih Titan Alviansyach Martin mengungkapkan, “saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh siswa dan Bapak / Ibu Guru dan Karyawan SMA Negeri 1 Cepu yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menjadi Ketua OSIS periode mendatang, saya mengharapkan kritik, saran serta masukan demi kemajuan OSIS pada khususnya dan SMA Negeri 1 Cepu pada umumnya, serta melanjutkan program-program OSIS yang belum terselesaikan.

Selamat kepada Ketua OSIS terpilih, dengan mottonya : Jujur, Adil dan Teliti semoga bisa membawa SMA Negeri 1 Cepu lebih baik lagi kedepannya. (Anton Moedji)