Pesona Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah Di SMA Negeri 1 Cepu

Sudah menjadi tradisi bagi setiap sekolah untuk melaksanakan kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau sekarang dikenal dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada tahun ajaran baru.

Kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang pada tahun-tahun sebelumnya selalu identik dengan kegiatan perpeloncoan dan senioritas, kini bukan hal yang menyeramkan lagi.

Tercatat sejak tanggal 6 Mei 2016 Mendikbud Anies Baswedan mengeluarkan aturan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru, pada peraturan tersebut beliau melarang kepada semua sekolah atas hal-hal yang berkaitan dengan tindakan perpeloncoan, atau tindakan kekerasan lainnya.

Mulai tanggal 15 – 17 Juli 2018, SMA Negeri 1 Cepu melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi peserta didik baru Tahun pelajaran 2019/2020

Kegiatan ini diawali dengan upacara upacara pembukaan yang dimulai pada pukul  06.30 WIB yang diikuti oleh seluruh guru dan calon siswa kelas 10. Dalam upacara pembukaan ini, kepala sekolah SMA Negeri 1 Cepu, Bapak Drs. Diana Johan Nusanto, secara resmi membuka kegiatan dengan diawali kalimat bismillahirrahmanirrahiim yang kemudian diikuti pelepasan balon udara. Pelepasan balon dan ucapan pembukaan oleh kepala sekolah  tersebut sontak mengundang tepuk tangan seluruh peserta upacara.

Setelah selesai upacara pembukaan, kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilanjutkan dengan pemberian materi oleh beberapa dewan guru.  Materi yang disampaikan dihari pertama, Senin 15 Juli 2019 antara lain Arti dan Makna Wawasan Wiyata Mandala serta visi misi sekolah yang disampaiakn oleh bapak kepala sekolah. Materi berikutnya dari Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik yang berkaitan dengan Pengenalan Kurikulum sekolah 2013 serta pembelajaran abad 21 dan cara belajar efektif.  Pemateri dalam kegiatan MPLS Tidak hanya guru,  tetapi juga mendatangkan pemateri dari luar antara lain dari pihak Polsek Cepu yang memberikan materi Displin berlalu lintas dan kenakalan remaja. Materi lainnya dihari pertama antara lain Pengenalan warga sekolah, pengenalan fasilitas dan prasarana sekolah, Mars SMA Negeri 1 Cepu dan di akhiri apel sore. Berikut ini materi MPLS SMA Negeri 1 Cepu Tahun pelajaran 2019/2020 :

  1. Wawasan Kebangsaan Bela Negara oleh Koramil Cepu.
  2. Administrasi Kependudukan oleh Petugas kecamatan cepu.
  3. Penanaman dan penumbuhan akhlak dan karakter serta budi pekerti.
  4. Tata krama dan etika pergaulan.
  5. Antisipasi dan menangkal berita Hoaxs.
  6. Kepramukaan.
  7. Kesehatan remaja.
  8. Menunmbuhkan minat literasi.
  9. Pendidikan Akhlak.
  10. Ekstrakurikuler.
  11. Demo ekstrakurikuler