Semarak Rangkaian Kegiatan HUT SMA Negeri 1 Cepu Ke-53

HUMAS SMANSA – Perayaan ulang tahun sudah menjadi tradisi dan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap sekolah tiap tahunnya. Hal ini juga dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cepu. Pada tahun 2019 ini usia SMA Negeri 1 Cepu telah mencapai lebih dari setengah abad yakni mencapai usia 53 tahun. “The Real Expectation of Celebration” menjadi tema yang diangkat pada perayaan kali ini, hal ini menjadikan cerminan adanya semangat seluruh warga SMA Negeri 1 Cepu dalam merayaan hari ulang tahunnya.

Serangkaian kegiatan telah diadakan, diantaranya pentas seni dan pertandingan olahraga serta malam puncak dan tasyakuran. Kegiatan tersebut diadakan pada tanggal 26 Juli hingga 1 Agustus 2019.

  • Rangkaian lomba olahraga gembira dan lomba kebersamaan kelas

Antusiasme para penonton telah terlihat pada hari pertama diadakan kegiatan lomba, yaitu pada hari Jumat tanggal 26 Juli 2019. Selepas pukul 13.00 WIB rangkaian olah raga gembira mulai di laksanakan. Peserta lomba adalah perwakilan siswa dari semua kelas yang merupakan gabungan dari kelas X sampai kelas XII. Jenis perlombaan yang dilombakan antara lain Naga Bongkar, mengambil koin dalam buah semangka, gayung bocor, memecahkan balon, serta lomba pukul air . Semuanya bersaing secara sportif dengan diwarnai keseruan antar sesama pemain maupun penonton.

Rangkaian lomba olah raga gembira dilanjutkan pada hari Senin tanggal 29 Juli 2019. Selain melanjutkan dengan sesi final pemenang lomba olahraga gembira pada hari Jumat (26/07/19), pada kesempatan ini guru beserta karyawan juga berpartisipasi dalam pertandingan lomba voli dengan perwakilan tim antar guru mata pelajaran. Panitia juga mengadakan lomba kebersamaan kelas yaitu lomba kebersihan kelas dan Video Contest antar kelas. Video singkat ini berisikan tentang kreatifitas siswa membuat konten ucapan ulang tahun SMA Negeri 1 Cepu ke-53 yang dikemas dalam bentuk vlog, puisi atau drama.

Semua rangkaian lomba olahraga gembira dan kebersamaan kelas yang diadakan bertujuan untuk menyatukan kekompakan dan kebersamaan antar siswa, antar kelas dan guru serta karyawan SMA Negeri 1 Cepu. Hal yang menjadi pokok penting dalam perayaan HUT bukan hanya dilihat dari kemeriahan acaranya, tapi bagaimana setiap warga sekolah dapat bersatu dan saling membangun untuk kemajuan sekolah dan almamaternya.

  • Pentas Seni

Untuk menambah kemeriahan HUT SMA Negeri 1 Cepu ke-53 pada tahun ini, diadakan juga secara bersamaan dengan kegiatan pentas seni dari kelas XII MIPA. Kegiatan ini diadakan pada hari Selasa tanggal 30 Juli 2019 . Kegiatan dimulai sejak pukul 07.00 WIB hingga 15.30 WIB. Berbagai tampilan seni dikeluarkan oleh masing-masing kelompok yang terutama berasal dari kelas XII MIPA dan kelas XII IPS, antara lain tari tradisional, drama musikal, tampilan band, musik akustik dan tidak lupa juga dance ala K-Pop.

Kegiatan pentas seni kali ini bertemakan “Bravely!! show your identity”. Sesuai tema yang diangkat, diharapkan agar siswa berani tampil percaya diri sesuai identitas dan ciri khasnya. Penyelenggaran Pentas seni ini merupakan menjadi salah satu media yang dapat mengembangkan kreatifitas dan bakat siswa di bidang seni khususnya mengenai materi penyelenggaraan suatu event, selain itu yang juga dijadikan sebagai penilaian ujian praktek mata pelajaran seni musik

  • Jalan Sehat Bersama

Kegiatan yang juga tidak kalah serunya adalah diadakannya olah raga jalan sehat yang berlangsung pada hari Rabu, 31 Juli 2019. Sekitar 1200 peserta yaitu seluruh siswa kelas X, XI, dan XII beserta guru dan karyawan mengikuti kegiatan ini. Sebelum dilaksanakan pemberangkatan pada pukul 06.45 WIB, didahului oleh tampilan Corps Drumband Gita Patra Bhakti SMANSA. Acara dilanjutkan dengan pelepasan balon oleh Drs. Diana Johan Nusanto sebagai kepala SMA Negeri 1 Cepu, yang juga diikuti dengan pelepasan balon yang dibawa oleh masing-masing peserta jalan sehat. Di sela sela sambutannya kepala sekolah menyampaikan kepada seluruh peserta, “Mari kita bersama – sama membawa SMA Negeri 1 Cepu meraih prestasi setinggi – tingginya seperti balon yang kita terbangkan hari ini “.

Kegiatan jalan sehat ini dimulai  dari lapangan olahraga SMA Negeri 1 Cepu, kemudian menuju jalur tengah kota tepatnya di Tugu 20 mei, dilanjutkan jalur Simpang Tuju, kawasan Nglajo, pertigaan Tugu Minyak Cepu, daerah Turibang, kawasan Kapur Tulis, jalur jalan Ngareng, berbelok ke jalan Stasiun Kota dan kawasan Kelenteng Cepu, kemudian masuk ke jalan Diponegoro dan kembali lagu menuju ke SMA Negeri 1 Cepu.

Selain disemarakkan dengan hiburan musik dan pentas seni dari perwakilan kelas, panitia juga menyediakan ratusan doorprice bagi para peserta jalan sehat. Sejumlah hadiah utama telah disediakan oleh panitia, yaitu berupa satu unit Lemari Es, 3 sepeda, televisi serta puluhan hadiah hiburan lainnya. Sebagian besar hadiah jalan sehat didapatkan dari para donator, sponsor dan bantuan dari para alumni SMA Negeri 1 Cepu yang tergabung dalam IKASMANSA (Ikatan Alumni SMA N 1 Cepu).

  • Malam Puncak dan Tasyakuran Hari Ulang Tahun SMA Negeri 1 Cepu ke-53

Sebagai rasa syukur keluarga besar SMA Negeri 1 Cepu yang telah berdiri lebih dari setengah abad membangun dunia pendidikan, maka diadakan malam tasyakuran pada hari Kamis (31/7/2019) yang bertempat di lapangan olahraga SMA Negeri 1 Cepu. Malam tasyakuran sekolah yang ke-53 dimulai pukul 18.00 WIB. Seluruh siswa, guru, karyawan, alumni beserta tamu undangan telah mulai menempatkan diri.

Acara malam tasyakuran ini dibagi dalam 3 sesi, yaitu pra acara, acara resmi dan acara hiburan. Pra acara diiisi oleh dance dan tampilan band dari siswa yang sebelumnya telah diaudisi oleh tim panitia. Sedangkan untuk acara resminya dibuka dengan tarian tradisional Tari Gambyong, dilanjutkan dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Ketua Panitia HUT SMA N 1 Cepu ke-53, Yanuar Andika, S.Pd. Sambutan yang kedua dari kepala sekolah dimana dalam sambutannya beliau mengajak seluruh elemen sekolah untuk meningkatkan prestasi SMA Negeri 1 Cepu. Sambutan ketiga dari FORKOMPIMPCA Cepu dan diakhiri sambutan dari Ketua Komite Sekolah. Acara resmi ditutup dengan doa yang sebelumnya dilakukan pemotongan tumpeng oleh kepala sekolah yang didampingi oleh Ketua Komite, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan dan Ketua OSIS. Sesi acara ke tiga adalah acara hiburan, ada salah satu momen yang ditunggu oleh seluruh hadirin yaitu pesta kembang api. Acara terus berlanjut dengan adanya tampilan apik sendratari dan drama musikal yang menceritakan  tentang cerita rakyat Bali yaitu Calon Arang. Kemudian dilanjutkan dengan tampilan tarian Tayub dan Barongan sebagai kesenian khas tradisional Kabupaten Blora. Acara semakin meriah ketika kemudian acara sesi malam menampilkan band dari guru, dan beberapa band dari siswa.

Malam puncak tasyakuran memang lebih menampilkan kreatifitas anak-anak dan kegiatan kesiswaaan lainnya yang bersifat edukatif. “Alhamdulillah semua bisa berjalan lancar,” papar Kepala SMA Negeri 1 Cepu, Drs. Diana Johan Nusanto di sela malam puncak HUT di SMAN 1 Cepu. Keseluruhan acara ditutup dan selesai pada pukul 11.00 WIB.

  • UPACARA BENDERA DALAM RANGKA HUT SMA NEGERI 1 CEPU KE-53 DAN KEGIATAN PEMBERIAN BEASISWA SISWA BERPRESTASI

Upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMA Negeri 1 Cepu yang ke-53 diselenggarakn pada esok harinya, diperingati dalam upacara bendera sederhana di lapangan olah raga. Bertindak sebagai pembina upacara Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Nur Afnan, S.Pd. Dalam amanatnya beliau mengajak semua civitas akademik sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan, rasa tanggungjawab, etos kerja serta kejujuran sehingga prestasi SMA Negeri 1 Cepu semakin meningkat dengan banyaknya alumni yang bisa menembus Perguruan Tinggi Negeri Favorit / Ternama. Selain itu pada usia SMA Negeri 1 ke-53 ini, diharapkan bisa menjadi tonggak untuk berubah ke arah yang lebih baik dengan meningkatkan kerjasama dan kolaborasi yang baik oleh semua warga sekolah, karena berprestasi atau tidaknya sekolah ini tergantung pada apa yang lakukan hari ini. Beliau berharap SMA Negeri 1 Cepu kedepan bisa menjadi sekolah kebanggaan masyarakat Cepu atau Kabupaten Blora pada khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya.

              Dibagian akhir upacara diselenggarakan kegiatan pemberian beasiswa dari Koperasi Keluarga SMA Negeri 1 Cepu melalui SHU dana alumni kepada siswa yang berprestasi baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Di sela acara penyerahan beasiswa kepada siswa berprestasi,  sebagai perwakilan salah satu pengurus Koperasi SMA Negeri 1 Cepu, Tondi Prabowo, S.Pd., M.Si, menyampaikan harapan agar siswa selalu termotivasi mengukir prestasi untuk SMA Negeri 1 Cepu. Selain sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada siswa berprestasi, pemberian beasiswa ini juga diharapakan agar siswa yang mempunyai prestasi di sekolah namun belum mendapatkan beasiswa dari sumber lain bisa terakomodasi melalui Dana SHU Alumni Koperasi Keluarga SMANSA Cepu.

Dengan diadakannya seluruh rangkaian kegiatan baik menyambut maupun merayakan Hari Ulang Tahun ke-53 SMA Negeri 1 Cepu yang diadakan pada tanggal 26 Juli hingga 1 Agustus 2019,  diharapkan seluruh warga sekola baik siswa, guru,karyawan serta alumni  dapat meningkatkan solidaritas dan kreativitas, serta dapat menjadikan SMA Negeri 1 Cepu semakin berintegritas, maju dan unggul.  SMA Negeri 1 Cepu, jaya sepanjang waktu ..