UJIAN NASIONAL DI SMA NEGERI 1 CEPU, JUJUR DAN BERPRESTASI

Berita Smansa – Sebanyak 251 siswa kelas XII SMA Negeri 1 Cepu dengan tertib memasuki 14 ruang Ujian Nasional (UN) Tahun 2016 yang telah disiapkan panitia. Pelaksanaan UN Tahun 2016 di SMA Negeri 1 Cepu pada hari pertama untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dilanjutkan pelajaran kedua Kimia (jurusan IPA) dan Geografi (jurusan IPS) berjalan lancar. Naskah soal dan lembar jawaban yang diterima dalam keadaan baik dan lengkap. Siswa juga mengikuti ujian sesuai dengan tata tertib UN.

Persiapan Ujian Nasional Meskipun Ujian Nasional (UN) Tahun 2016 ini bukan lagi menjadi penentu kelulusan, siswa SMA Negeri 1 Cepu tetap mempersiapkan diri dengan baik agar mampu meraih hasil yang maksimal. Drs. Aris Haryono, Wakasek Urusan Kurikulum sekaligus Koordinator Ujian Nasional SMA Negeri 1 Cepu, mengatakan bahwa selain menjadi bahan pemetaan pencapaian kompetensi secara nasional, hasil UN juga menjadi bahan pertimbangan untuk masuk ke perguruan tinggi.

Demi mendapatkan hasil yang maksimal, pelaksanaan UN telah dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Terhitung sejak awal semester, siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Cepu telah mengikuti beberapa kali pemantapan yang dilaksanakan oleh pihak sekolah. “Sebenarnya persiapan UN sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu, hanya saja persiapan intensifnya dilaksanakan tahun ini. Kami telah menyelenggarakan try out pemantapan dari sekolah dan empat kali uji coba Ujian Nasional yang diselenggarkan oleh Dindikpora Kabupaten Blora,” ungkap Kepala SMA Negeri 1 Cepu Drs. Mulyani, M.Pd.

Kepsek yang murah senyum ini mengatakan, pihaknya terus menerus melaksanakan evaluasi dari hasil pemantapan yang telah dilaksanakan. Demi mendapat hasil yang lebih baik siswa diperkenankan untuk memilih guru pembina yang membuat mereka nyaman dalam belajar. ”Tak hanya belajar dengan guru, pihak sekolah juga memberikan kebebasan untuk belajar bersama teman sebaya dan melakukan tutor sebaya. Tak hanya bekerja sama antarwarga sekolah, pihak sekolah juga melakukan koordinasi dengan orang tua siswa, tentang perkembangan kesiapan siswa dalam menghadapi UN,” imbuhnya.

Dengan persiapan yang matang pihak sekolah berharap pelaksanaan ujian nasional di SMA Negeri 1 Cepu berlangsung dengan bersih dan jujur sesuai dengan prosedur yang ada. ”Harapannya ada dua sukses, yakni sukses penyelenggaraan dan sukses dalam prestasi,” tegas Kepsek SMA Negeri 1 Cepu saat ditemui di ruang sekretariat Sub Rayon Cepu. (Anton Moedji)