UNBK 2017 SMA NEGERI 1 CEPU

Berita SMANSA – SMA Negeri 1 Cepu menyelenggarakan UNBK 2017 pada tanggal 10 – 13 April 2017. Jumlah peserta yang akan mengikuti UNBK 2017 sebanyak 283 siswa, terdiri dari 180 dari jurusan MIPA dan 103 siswa dari jurusan IPS. Pelaksanaan UNBK 2017 dilakukan dalam 3 sesi, satu hari untuk ujian satu mata pelajaran, menggunakan 3 Lab komputer. Masing-masing lab komputer terdapat 40 komputer untuk ujian ditambah 5 komputer cadangan, serta dilengkapi headset untuk ujian mata pelajaran Bahasa Inggris (Listening). Persiapan UNBK 2017 SMA Negeri 1 Cepu telah dimulai sejak bulan November 2016, dan siswa telah mengikuti 3 tahap simulasi, agar siswa dapat beradaptasi dengan aplikasi UNBK 2017 dengan baik.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini sudah berjalan.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Mari kita dukung dan sukseskan program UNBK 2017.