VISI :

Layanan Prima Pendidikan yang Bermutu, Terjangkau, dan Berkeadilan yang dimaksud adalah Bermutu baik dalam proses dan hasil pendidikan, dengan biaya Terjangkau dan Berkeadilan dalam arti  masyarakat kurang mampu diperlakukan khusus sesuai dengan kondisi sosial ekonominya. Sedangkan yang dimaksud dengan Peserta Didik “Bermata Patra”  adalah peserta didik yang BERiMAn, TAqwa  dan bermartabat,  unggul   dalam PrestAsi,TeRAmpil dan bermanfaatDeskripsi lengkap yang dimaksud dengan Peserta Didik Bermata Patra, adalah sebagai berikut :

  1. Beriman artinya Pendidikan di SMA Negeri 1 Cepu untuk ikut mengkondisikan siswa memiliki iman yang kuat.
  2. Taqwa artinya Pendidikan di SMA Negeri 1 Cepu adalah untuk menumbuhkan dan menguatkan ketaqwaan para siswa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Bermartabat artinya dari segala proses pendidikan untuk mencapai tertingkatnya derajat para siswa sebagai makhluk yang berbudaya, berkarakter dan  berpengetahuan tinggi.
  4. Unggul dalam prestasi artinya dari segala proses pendidikan untuk mewujudkan baik prestasi akademik maupun prestasi non akademik lebih tinggi, lebih baik, lebih cakap dari pada yang lain.
  5. Terampil artinya dari segala proses pendidikan untuk mencapai tertingkatnya ketrampilan, agar menjadi manusia yang berguna bagi Negara, Bangsa dan Masyarakat.
  6. Bermanfaat artinya dari segala proses pendidikan untuk mewujudkan para siswa menjadi manusia yang bermanfaat bagi Negara, Bangsa dan Masyarakat dalam kehidupan nyata.

 

 

MISI :

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta akhlak mulia yang mencakup etika, dan budi pekerti.
  2. Meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran, bim-bingan, dan pelatihan secara  efektif, efisien dan berkesinambungan.
  3. Meningkatkan kualitas proses dan hasil  pelayanan bimbingan karier  dan kegiatan ekstrakurikuler sebagai wahana pengem-bangan diri siswa secara optimal.
  4. Menumbuhkembangkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa, sebagai sumber kearifan siswa dalam berperilaku dan bertindak baik di sekolah, keluarga, maupun di masyarakat.
  5. Menumbuhkan motivasi dan komitmen yang tinggi untuk mencapai prestasi dan keunggulan dalam setiap ajang kompetisi.
  6. Mengembangkan wawasan IPTEK yang mendalam dan luas, kecakapan hidup dan keterampilan kepada seluruh siswa  sebagai bekal untuk hidup mandiri dan studi lanjut.
  7. Membangun citra positif masyarakat terhadap sekolah melalui penerapan manajemen yang transparan, akuntabel, efektif, dan partisipatif serta pelayanan prima yang ramah dan amanah.