Visi
Jumat, 12 Jul 2024
  • “Menjadi sekolah yang berbudaya dan berkarakter Pelajar Pancasila untuk mewujudkan civitas akademika yang TERDEPAN”
  • “Menjadi sekolah yang berbudaya dan berkarakter Pelajar Pancasila untuk mewujudkan civitas akademika yang TERDEPAN”
10 Oktober 2023

Menumbuhkan sikap mencintai Rasulullah SAW melalui Tausiah, Gema Sholawat, dan Bakti Sosial

Sel, 10 Oktober 2023 Dibaca 276x Berita

 

Maulid Nabi merupakan salah satu perayaan dalam agama Islam, yang dirayakan setiap tahun untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW dilahirkan oleh seorang ibu bernama Aminah binti Wahab dan sang ayah bernama Abdullah bin Abdul Muthalib. Nabi Muhammad lahir pada hari Senin, 12 Rabiul Awal di Makkah.

Setiap tahunnya, seluruh umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia, memperingati hari Maulid Nabi dengan bersuka cita, bersatu dalam kebahagiaan dan refleksi, mengenang sosok yang menjadi panutan dan teladan bagi jutaan orang. Maulid Nabi bukan hanya sekadar sebuah perayaan, tetapi juga sebuah kesempatan untuk lebih mendekatkan diri kepada ajaran-ajaran dan nilai-nilai luhur yang diajarkan oleh Nabi Muhammad.

SMA Negeri 1 Cepu turut memperingati hari Maulid Nabi dengan rangkaian acara yang diselenggarakan mulai dari hari Senin (9/10/23) hingga hari Selasa (10/10/23). Pada hari Senin, 9 Oktober 2023 dilaksanakan proses pengumpulan bansos (bantuan sosial) dari siswa yang dikelola oleh kelas. Pengumpulan bansos tidak bersifat wajib, artinya bagi siswa yang berkenan saja. Kegiatan ini bertujuan untuk berbagi rejeki yang dapat berupa sembako seperti beras, gula, garam, maupun mi instan. Pengumpulan dan pembagian bansos dikoordinir oleh siswa-siswi yang tergabung dalam Rohis (Rohani Islam) dan diketuai oleh ananda Septia Putri Ramadhani atas bimbingan Bapak/Ibu pengajar Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP).

Pengumpulan dan pengemasan sembako oleh panitia dari Rohis

Bantuan sosial diberikan kepada warga sekitar SMA Negeri 1 Cepu, siswa-siswi SMA Negeri 1 Cepu yang merupakan yatim, piatu dan dhuafa, serta Bapak/Ibu GTT (Guru Tidak Tetap) dan PTT (Pegawai Tidak Tetap) pada hari Senin, 9 Oktober 2023. Pembagian bansos kepada warga didampingi oleh ibu Hery Kusmiatun mulai pukul 08.00 WIB, sedangkan pembagian bansos untuk siswa dibagikan oleh perwakilan kelas mulai pukul 14.00 WIB s/d selesai.

Paket bantuan sosial untuk GTT dan PTT SMA Negeri 1 Cepu

Puncak kegiatan Maulid Nabi dilaksanakan pada hari Selasa (10/10/2023) di aula SMA Negeri 1 Cepu dan dihadiri oleh seluruh siswa muslim mulai dari kelas X, XI, dan XII dengan didampingi oleh Bapak/ Ibu guru dan karyawan SMA Negeri 1 Cepu. Pelaksanaan kegiatan Maulid Nabi dilakukan secara bergantian sesuai angkatan kelas masing-masing. Kelas X menghadiri kegiatan Maulid Nabi mulai pukul 08.15 s/d 10.15 WIB, dilanjutkan kelas XI yang dimulai dari pukul 10.30 s/d 12.15 WIB, dan kelas XII acara dimulai pada pukul 12.30 s/d 14.15 WIB. Namun sebelum kegiatan Maulid Nabi dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan acara Peresmian Organisasi ROHIS dan PKKS (Persekutuan Kristen Katholik) yang dimulai pukul 07.00 WIB s/d 08.15 yang dihadiri oleh seluruh siswa kelas X dan dipandu oleh MC dari siswa yaitu Regina Pamela Cahyani dan Bellamy Achmad Gito Saputra.

Peresmian Organisasi ROHIS dan PKKS Tahun Ajaran 2023/2024 oleh ibu Bekti Ratna Timur Astuti, S.Kom., M.Pd.

Kegiatan pembagian bansos, serta Peringatan Maulid Nabi bagi siswa muslim, dan kegiatan PKKS bagi siswa nonmuslim yang dilaksanakan bersamaan pada hari Selasa juga merupakan salah satu pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Bangunlah Jiwa dan Raganya untuk kelas X dan XI, khususnya membangun jiwa siswa-siswi di SMA Negeri 1 Cepu. Diharapkan melalui kegiatan bansos, siswa mampu memupuk rasa empati kepada sesama manusia sebagai salah satu subelemen dari dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia. Sementara itu, kegiatan hari Selasa diharapkan mampu mengimplementasikan dimensi Berkebhinekaan Global diantaranya siswa mampu menyelaraskan perbedaan budaya (dan beragama) yang beragam, serta memahami pentingnya kerukunan antar budaya (dan beragama) dalam kehidupan bersama yang harmonis.

Pemandu Acara Maulid Nabi yaitu Fajar Riski Tholib Setiawan dan Inayah Dharmastuti.

Kegiatan Maulid Nabi dipandu oleh MC Acara yaitu  Inayah Dharmastuti (XI-5) dan Fajar Riski Tholib Setiawan (XI-3) dengan susunan acara sebagai berikut.

  1. Pembukaan, serta sambutan ketua panitia.

Sambutan ketua panitia kegiatan Maulid Nabi, Septia Putri Ramadhani

  1. Tilawah Al-Quran, oleh Nur Rahmatika Sasmito Putri (XI-7) dan Bilqis Silvania Rihhada Aisya (XI-7)

Pembacaan Ayat Suci Al-Quran yang dilakukan oleh Bilqis Silvania Putri dan Nur Rahmatiks Sasmito Putri

  1. Penampilan Rebana Kelas XI yang tergabung dalam Grup Rebana RGS (Remaja Gemar Shalawat). Grup tersebut terdiri dari siswa-siswi SMAN 1 Cepu yang mempunyai kemampuan untuk bersholawat serta memainkan alat musik rebana. beranggotakan Sulthan Raafli Andhika (XI-3), Rasya Yoka Bagaskara (XI-1), Rafiif Atha Prasetya (XI-3), Mohammad Abdul Aziz (XI-6), Ganes S.O (XI-4), Evi Kurnia P (XI-8), Adi Yulianto (XI-1), Nanda Dwi Saputra (XI-1), Rehan Fadil Saputra(XI-8), Muhammad Arya putra Dharmawan(XI-8), Istiqomah Cahyaningrum (XI-8), Dewa Alfendi (XI-8). Ahmad Miftah Farid(XI-8), Agiza Vadylla I (XI-8), dan Radit Aditya Prakasa (X-1).

RGS turut memeriahkan peringatan Maulid Nabi kelas X, XI, dan XII. Berbagai sholawat dinyanyikan. Mulai dari Sholawat Badar, Nariyah, hingga Busyrolana dinyanyikan untuk memeriahkan suasana kegiatan Maulid Nabi. Siswa-siswi yang hadir menyambut penampilan tersebut dengan antusias.

 

Penampilan Grup Rebana RGS

Siswa menyambut penampilan rebana RGS dengan antusias

  1. Tausiyah (ceramah) oleh narasumber yang dihadirkan dari luar sekolah, yaitu Ustadz Nur Kholis (narasumber untuk kelas X), Ustadz Bachtiar Mukti Sasongko, S. Pd. I (narasumber untuk kelas XI), dan Ustadz Ahmad Amirul Kholid, M.Pd (narasumber untuk kelas XII).

 

Ustadz Nur Kholis memberikan tausiyah kepada siswa kelas X tentang betapa mulianya akhlak yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. Mulai dari sifat siddiq, amanah, jujur, dan sifat-sifat mulia yang lainnya. Beliau memberikan nasehat kepada para siswa, untuk meniru perilaku terpuji yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan ceramah  tersebut, diharapkan para siswa dapat tergerak untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Penyampaian materi tentang sifat-sifat mulia yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW. oleh Ustadz Nur Kholis

Ustadz Bachtiar M. S, S. Pd. I. berpesan kepada siswa kelas XI untuk mencintai Nabi Muhammad SAW. Agar saat di akhirat nanti, mereka bisa mendapatkan syafa’atnya.Ustadz Bachtiar M. S, S. Pd. I. Memberikan nasihat kepada para siswa kelas XI di SMAN 1 Cepu.

Ustadz Ahmad Amirul Kholid memimpin bacaan sholawat bersama dengan siswa kelas XII.

 

Ustadz Ahmad Amirul Kholid mengajak siswa kelas XII untuk bersholawat bersama, dengan tujuan agar para siswa dapat meningkatkan rasa cintanya kepada Nabi Muhammad SAW. Ceramahnya disambut dengan antusias oleh para siswa karena disertai dengan candaan yang beragam.

Selain itu, acara ini menjadi lebih bermakna dengan adanya pembagian bantuan sosial kepada siswa yang membutuhkan. Pembagian bansos tersebut dilaksanakan oleh para anggota Rohis dan Kepala Sekolah SMAN 1 Cepu, yaitu Ibu Bekti Ratna Timur Astuti, S.Kom., M.Pd. Pembagian bantuan sosial (bansos) dalam acara perayaan Maulid Nabi merupakan salah satu wujud nyata dari ajaran kasih sayang dan kepedulian yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Di tengah-tengah perayaan kehidupan dan ajaran beliau, kita mengambil inspirasi untuk berbagi dan peduli kepada sesama, khususnya kepada mereka yang membutuhkan. Dengan pembagian bansos tersebut, tujuannya tidak hanya untuk merayakan kelahiran Nabi besar kita, tetapi juga menghidupkan nilai-nilai belas kasih,

keadilan, meringankan beban para siswa yang membutuhkan, dan untuk memotivasi siswa lain untuk saling membantu kepada sesama.

Ibu Bekti Ratna Timur Astuti, S.Kom., M.Pd. selaku kepala sekolah SMAN 1 Cepu memberikan bantuan sosial kepada siswa yang membutuhkan

 

Para guru beserta siswa di SMAN 1 Cepu

Melalui perayaan Maulid Nabi, sekolah ingin meningkatkan kesadaran agama dan spiritualitas di kalangan siswa. Ini membantu mereka memahami nilai-nilai keagamaan yang mendasari ajaran Islam juga mengenal dan mencintai Rasulullah SAW lebih dalam lagi. Dengan diperingatinya Maulid Nabi para siswa bisa belajar sejarah dan ajaran-ajaran yang ia tinggalkan. Banyak sifat-sifat nabi yang dapat kita teladani seperti Sidiq, Amanah, Fatonah, dan Tabligh. Acara ini diadakan dengan harapan agar para siswa tetap bersemangat menyiarkan dan menjalankan ajaran agama Islam.

*Kontributor berita : Midah Aghniyaul Azizatul Qolbi (XI-4) dan Muhammad Andrean Prayitno (XI-2)

*Editor teks: Rizqi Fibriana Sari, S.d

Agenda Sekolah

01
Agu 2024
25
Mar 2024

Pengumuman

Terbit : 30/05/2024
Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Inklusi di SMA N 1 Cepu
SMA Negeri 1 Cepu membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Inklusi bagi Anak Berkebutuhan..
Terbit : 04/05/2024
Cek Pengumuman Kelulusan Kelas XII IPA/IPS Tahun Ajaran 2023/2024
Kepada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Cepu, Dengan ini kami ingin memberikan pemberitahuan penting..
Terbit : 07/09/2023
Pilketos Periode 2023/2024
SMA Negeri 1 Cepu melaksananakan pemilihan OSIS  secara online pada tanggal 12 September 2023. Ada 5..

Buletin Prisma

Rubah Mac Acak Menjadi Mac Perangkat
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.
Syarat dan Ketentuan Media Sosial
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.
Fasilitas WiFi Sekolah
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.
Troubleshoot WiFi Sekolah
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.
Syarat dan ketentuan Penggunaan WiFi Sekolah
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.

Video Terbaru