Visi
Kamis, 11 Jul 2024
  • “Menjadi sekolah yang berbudaya dan berkarakter Pelajar Pancasila untuk mewujudkan civitas akademika yang TERDEPAN”
  • “Menjadi sekolah yang berbudaya dan berkarakter Pelajar Pancasila untuk mewujudkan civitas akademika yang TERDEPAN”
30 Oktober 2023

SMA Negeri 1 Cepu Sabet Piala dalam Ajang LDBI dan FLS2N Tingkat SMA Kab.Blora

Sen, 30 Oktober 2023 Dibaca 280x Berita

BLORA – Peringatan Bulan Bahasa sekaligus Sumpah Pemuda yang bertepatan pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023, Tim dari SMA Negeri 1 Cepu berhasil menyabet lima piala dari setiap bidang lomba pada kejuaraan Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SMA Kabupaten Blora yang diselenggarakan di SMAN 1 Blora.

Dalam Pembukaan Acara Lomba Debat Bahasa Indonesia dan FLS2N dihadiri oleh Pengawas SMA Kabupaten Blora, Bapak Drs. Slamet Setya Budi, M.Pd., Ketua MKKS SMA Kabupaten Blora, yaitu Bapak Drs. Slamet Joko Waluyo, M.Pd., Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMA Kabupaten Blora, yaitu Ibu Nensi Septiana Kencana Wulan, S.Pd., Para Juri dari Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Rembang, serta seluruh peserta LDBI dan FLS2N dari setiap SMA Negeri maupun Swasta se-Kabupaten Blora.

Acara dibuka oleh Bapak Drs. Slamet Setya Budi, M.Pd. selaku Pengawas SMA Kabupaten Blora sekaligus perwakilan dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV. Beliau sangat mengapresiasi terlaksananya LDBI dan FLS2N SMA Kabupaten Blora. Belau juga sangat kagum MGMP Bahas Indonesia dapat berkolaborasi dan bekerja sama dengan MMP Kabupaten lain, yaitu Kabupaten Grobogan, bahkan sampai Lintas Cabang Dinas, yaitu Cabang Dinas Wilayah III dari Kabupaten Rembang. Dengan kerja sama tersebut tentunya dapat menjamin netralitas para juri karena pastinya beliau-beliau tidak mengenal peserta didik dari sekolah yang mengikuti lomba tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi terselenggaranya LDBI dan FLS2N ini yang mana kita tahu sendiri persiapan sangat singkat bahkan dapat berkolaborasi dengan kabupaten lain, ada Grobogan, bahkan sampai Rembang Cabdin III jauh-jauh ke sini, ini sangat luar biasa dan patut diapresiasi dan menjadi contoh MGMP maple lain. Dengan ini tentunya saya harap netralitas para juri karena pastinya Panjenengan semua tidak mengenal satu sama lain apalagi sekolah yang mengikuti perlombaan ini,” ujar Bapak Drs. Slamet Setya Budi, M.Pd. dalam sambutannya.

Selain Bapak Drs. Slamet Setya Budi, M.Pd., Ketua MKKS SMA Kabupaten Blora, yaitu Bapak Drs. Slamet Joko Waluyo, M.Pd. juga sangat mengapresiasi acara perlombaan ini. Beliau sangat berharap kerja sama antar MGMP luar wilayah ini dapat terus terjalin.

Setelah acara pembukaan dan penjelasan tentang juknis lomba, selanjutnya seluruh peserta diarahkan oleh panitia menuju ruangan sesuai cabang lomba yang diikutinya. Setiap peserta mengambil undian yang disediakan oleh panitia. Setelah semua mendapatkan nomor undian dan penjelasan teknis lomba, juri masuk ruangan dan perlombaan dimulai.

Tampak raut wajah tegang yang dialami oleh setiap peserta lomba, salah satunya adalah Yosyifa, perwakilan lomba monolog SMAN 1 Cepu. Tak hanya Yosyifa, peserta lain pun merasakan hal yang sama.

Lomba Debat menggunakan sistem gugur. Pada pertandingan pertama, Tim Debat dari SMAN 1 Cepu yang terdiri atas Fajar Rizki Tholib Setyawan, Ratna Wulandhari, dan Denissa Graciela Alex menghadapi Tim Debat dari SMA At Tajdid Cepu dan meraih kemenangan. Lanjut menghadapi SMAN 1 Jepon yang selisih hanya 4 poin, dimenangkan oleh SMAN 1 Cepu. Kemudian lanjut ke semi final. Di semi final, Tim Debat dari SMAN 1 Cepu dipertemukan dengan Tim Debat dari SMAN 1 Blora. Pertandingan berlangsung sengit saling membalas setiap argument disertai data dan fakta. Namun saying, perjuangan cukup sampai semi final, SMAN 1 Cepu harus mengakui kehebatan dari SMAN 1 Blora. Dengan ini SMAN 1 Cepu harus puas di posisi Juara III Bersama dengan SMAN 1 Tunjungan yang juga dikalahkan oleh SMAN 1 Randublatung.

Pada cabang lomba yang lain, yaitu Monolog, tampak Yosyifa perwakilan SMAN 1 Cepu sangat menghayati peran sebagai “Aini”. Suaranya yang melengking serta aktingnya yang sangat ekspresif dan totalitas membuat peserta lain bahkan juri terkaget dengan perannya sebagai Aini. Peserta di luar pun dibuat terheran-heran ada yang bisa berperan sebegitu totalitasnya.

“Suaranya sangat melengking, ekspresif sekali. Pelatihnya siapa ini? Pak Eki ya? Tak kusangka Pak Eki yang pendiam bisa melatih siswa sebegitu totalitasnya. Sepertinya ini juara, Pak,” ujar Bapak Syarifudin, S.Pd. guru pembimbing dari SMAN 1 Tunjungan dengan gurauannya.

Sementara itu, dari cabang lomba Baca Puisi, tampak Bellamy Achmad Gito Saputra tampak begitu menghayati dengan suaranya yang begitu mengelegar saat membacakan puisi membuat juri dan penonton di luar terpukau dan merinding saat mendengarkannya membacakan puisi berjudul Sajak Rajawali karya W.S. Rendra dan Catatan Jakarta karya Hartojo Andangdjaja.

Di ruangan lain, ada cabang lomba menulis puisi dan menulis cerpen tampak Viola Putri Ramadhani dan Muhammad Andrean Prayitno begitu seriusnya mencari inspirasi dan menuliskannya dalam kertas yang disediakan oleh panitia.

Pukul 14.30 WIB semua cabang lomba telah selesai dilaksanakan dan sudah dinilai oleh para juri. Pengumuman pun tiba. Sebelum mengumumkan juaranya, para juri menyampaikan beberapa catatan yang menjadi evaluasi peserta juga pembimbing ke depannya. Pengumuman dibacakan satu persatu tiap cabang lomba dari LDBI sampai FLS2N. Setelah semua dibacakan, SMA Negeri 1 Cepu menyabet lima piala yang artinya mendapatkan juara pada setiap cabang lomba yang ada.

SMA Negeri 1 Cepu bak kuda yang mulai berlari semakin terdepan dengan kencangnya meraih setiap kejuaraan lomba yang ada. Dibuktikan dengan berbagai prestasi para peserta didik yang memenangkan beragam kejuaraan lomba. Dimulai dari Lomba FLS2N cabang Baca Puisi menyabet Juara I yang diraih oleh Bellamy Achmad Gito Saputra, disusul Yosyifa Meivy meraih Juara II Cabang Lomba Monolog, kemudian Juara II Cabang Lomba Menulis Cerpen diraih oleh Muhammad Andrean Prayitno. Lalu Cabang Lomba Menulis Puisi mendapat Juara III diraih oleh Viola Putri Ramadhani. Terakhir yaitu Lomba Debat Bahasa Indonesia meraih Juara III diperoleh Tim Debat yang terdiri atas Fajar Rizki Tholib Setyawan, Ratna Wulandhari, dan Denissa Graciela Alex.

Dengan demikian, Tim dari SMA Negeri 1 Cepu memborong lima piala dari setiap cabang perlombaan FLS2N yang ada, mulai dari Membaca Puisi, Monolog, Menulis Puisi, Menulis Cerpen, dan Lomba Debat Bahasa Indonesia.

Dalam kemeriahan acara Lomba Debat Bahasa Indonesia dan FLS2N Tingkat SMA Kabupaten Blora, para juri, panitia, sampai Pengawas SMA, Bapak Drs. Slamet Setya Budi, M.Pd. memberikan ucapan selamat kepada SMA Negeri 1 Cepu. Ucapan selamat atas semua bidang lomba yang diraih, bahkan pialanya diborong oleh SMA Negeri 1 Cepu. Tim yang terdiri atas peserta didik, yaitu Bellamy Achmad Gito Saputra, Yosyifa Meivy, Muhammad Andrean Prayitno, Viola Putri Ramadhani, Fajar Rizki Tholib Setyawan, Ratna Wulandhari, dan Denissa Graciela Alex sangat Bahagia dengan hasil yang diraih. Tak ketinggalan guru pembimbingnya yang hadir, yaitu Ibu Dra. Hery Kusmiatun, Bapak Mid Dwi Hariyanto, S.Pd., dan Bapak Eki Putranto Wibowo tak kalah bahaginya serta mengucapkan selamat atas perjuangannya yang membuahkan hasil yang terbaik untuk SMAN 1 Cepu menjadi TERDEPAN untuk Juara.

“Selamat ya SMA Negeri 1 Cepu. Dapat berapa piala nih? Wah, lima piala ya? Berarti setiap lomba dapat juara nih ya? Selamat Selamat! Pertahankan dan tingkatkan selalu ya, anak-anak!” ujar Bapak Drs. Slamet Setya Budi, M.Pd., Pengawas SMA seraya memberikan selamat kepada peserta didik dari SMA Negeri 1 Cepu.

“Ucapan terima kasih kami haturkan kepada Bu Hery, Pak Andi, Pak Mid, dan Pak Eki yang sudah membimbing, mengoreksi, dan memberikan masukan kepada kami, sehingga kami dapat melangkah sampai sejauh ini. Kami juga ucapkan minta maaf yang sebesar-besarnya jika selama ini masih kurang dalam memaksimalkan kemampuan kami, sehingga belum dapat memberikan hasil yang terbaik,” ujar Muhammad Andrean Prayitno mengungkapkan rasa bahagia dan terima kasihnya kepada pembimbingnya selama ini.

Pada hari yang bersejarah ini, bertepatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2023 SMA Negeri 1 Cepu menorehkan prestasi pada setiap cabang lomba.

Berbagai kemenangan kejuaraan ini tentunya tak lepas oleh usaha keras berupa bimbingan serta doa restu seluruh Bapak dan Ibu Guru dan karyawan SMA Negeri 1 Cepu.

Semoga dengan berbagai prestasi yang diraih, SMA Negeri 1 Cepu semakin melejit ke angkasa raya.

#JayaSepanjangWaktu #TERDEPANuntukJuara

*Penulis: Eki Putranto Wibowo, S.Pd.

Agenda Sekolah

01
Agu 2024
25
Mar 2024

Pengumuman

Terbit : 30/05/2024
Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Inklusi di SMA N 1 Cepu
SMA Negeri 1 Cepu membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Inklusi bagi Anak Berkebutuhan..
Terbit : 04/05/2024
Cek Pengumuman Kelulusan Kelas XII IPA/IPS Tahun Ajaran 2023/2024
Kepada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Cepu, Dengan ini kami ingin memberikan pemberitahuan penting..
Terbit : 07/09/2023
Pilketos Periode 2023/2024
SMA Negeri 1 Cepu melaksananakan pemilihan OSIS  secara online pada tanggal 12 September 2023. Ada 5..

Buletin Prisma

Rubah Mac Acak Menjadi Mac Perangkat
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.
Syarat dan Ketentuan Media Sosial
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.
Fasilitas WiFi Sekolah
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.
Troubleshoot WiFi Sekolah
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.
Syarat dan ketentuan Penggunaan WiFi Sekolah
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.

Video Terbaru