Visi
Jumat, 21 Jun 2024
  • “Menjadi sekolah yang berbudaya dan berkarakter Pelajar Pancasila untuk mewujudkan civitas akademika yang TERDEPAN”
  • “Menjadi sekolah yang berbudaya dan berkarakter Pelajar Pancasila untuk mewujudkan civitas akademika yang TERDEPAN”
11 Oktober 2023

Merajut Kekompakan dalam LDK Gabungan di SMA Negeri 1 Cepu

Rab, 11 Oktober 2023 Dibaca 307x Berita

SMA Negeri 1 Cepu baru saja selesai mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Gabungan yang diikuti oleh calon pengurus OSIS/MPK, Dewan Ambalan Pramuka, dan PMR masa bakti 2023-2024. LDK adalah suatu bentuk pelatihan yang diberikan kepada para calon pengurus suatu organisasi guna menumbuhkan sikap dan rasa kepemimpinan dalam keorganisasiannya. LDK sendiri dimaksudkan untuk memberi pembekalan kepada para calon pengurus agar menjadi pemimpin yang sejati, amanah, berbudi pekerti, dan berpengetahuan luas dalam segala hal. Kegiatan LDK gabungan SMA Negeri 1 Cepu dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dimulai pada hari Jumat tanggal 6 s/d Minggu 8 Oktober 2023.

Upacara pembukaan LDK

Kegiatan hari pertama LDK dimulai dengan pelaksanaan upacara pembukaan yang dilanjutkan dengan beberapa sesi penyampaian materi yang terpisah oleh beberapa narasumber, yaitu tentang pembuatan proposal untuk calon pengurus OSIS/MPK oleh Bapak Andi Windarto, S.Pd, materi mengenai psikis remaja untuk calon pengurus PMR oleh Ibu Ardhaneswari Habiba M.Pd, dan materi teknik kepramukaan untuk calon pengurus Dewan Ambalan oleh Bapak Supriyadi selaku pembina Ekstrakurikuler Pramuka. Kegiatan pada hari pertama dimulai dari pukul 15.30 s/d 17.00 WIB, kemudian seluruh peserta LDK selanjutnya dipersilahkan pulang ke rumah masing-masing untuk melanjutkan kegiatan pada esok harinya.

Penyampaian pembuatan proposal untuk calon pengurus OSIS/MPK oleh Bapak Andi Windarto, S.Pd

 

Penyampaian materi psikis remaja untuk calon pengurus PMR oleh Ibu Ardhaneswari Habiba M.Pd

 

Penyampaian materi Teknik kepramukaan untuk calon pengurus Dewan Ambalan oleh Bapak Supriyadi

Pada hari ke-dua yaitu Sabtu, 7 Oktober 2023 kegiatan diawali dengan Apel Pagi yang dilaksanakan oleh Bapak Ahmad Badi’, S.Pd. selaku bidang Kesiswaan. Kemudian dilanjutkan kegiatan PBB (Peraturan Baris Berbaris) yang diikuti secara bersamaan oleh seluruh peserta LDK baik OSIS/MPK, DA maupun PMR. Acara ini dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB di lapangan SMA Negeri 1 Cepu. Kegiatan PBB merupakan suatu wujud latihan fisik yang diperlukan untuk menanamkan kebiasaan dalam tatacara kehidupan pandu yang diarahkan pada terbentuknya suatu perwatakan tertentu. Maksud dan tujuannya adalah untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa persatuan dan disiplin sehingga selalu dapat mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan pribadi disamping juga menanamkan rasa tanggung jawab.

Pelaksanaan Apel Pagi yang dipimpin oleh Bapak Ahmad Badi’, S.Pd

Kegiatan Latihan PBB oleh seluruh calon pengurus OSIS/MPK, DA dan PMR

Setelah kegiatan tersebut, dilanjutkan pemberian materi mengenai Kepemimpinan bagi calon pengurus OSIS dan DA oleh Bapak Nur Afnan, S,Pd selaku Waka Kurikulum. Materi ini berisi tentang apa arti pemimpin, bagaimana cara menjadi pemimpin, dan seperti apa seorang pemimpin yang baik. Terdapat pula materi tentang filosofi dan pemikiran Ki Hadjar Dewantara yang sangat terkenal mengenai “Ing Ngarsa Sung Tuladha”, “Ing Madya Mangun Karsa”, “Tut Wuri Handayani”. Pada kegiatan ini peserta juga diajarkan yel-yel anti perundungan sebagi bentuk gerakan Ayo Rukun.

Penyampaian materi mengenai Kepemimpinan bagi calon pengurus OSIS dan DA oleh Bapak Nur Afnan, S,Pd

Untuk calon pengurus PMR diberikan pelatihan evakuasi dan pembalutan luka berasal petugas dari PMI (Palang Merah Indonesia) wilayah Cepu  yaitu Muhammad Ulil Albab dan Yudhita Aprilia.C.W, A.Md.Keb. Peserta sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan yang diadakan karena mendapatkan banyak sekali pengalaman dan pembelajaran berharga berupa pengarahan bagaimana cara mengevakuasi korban kecelakaan sebelum mendapatkan pertolongan medis secara khusus dan cara membalut luka yang benar.

Materi pelatihan evakuasi dan pembalutan luka bersama petugas dari PMI (Palang Merah Indonesia) wilayah Cepu

Kegiatan selanjutnya adalah pemberian materi untuk calon pengurus OSIS tentang pembuatan RAB (Rencana Anggaran Belanja) dengan pemateri Ibu Stephani Widowati S.,S.S. Sebelum materi mulai Ibu Stephani menyampaikan bahwa karakter yang baik harus dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari para calon pengurus agar dapat menjadi teladan bagi siswa yang lain. Setelah pemberian materi Ibu Stephani pun menginstruksikan para peserta untuk berlatih membuat RAB dengan berkelompok dan  mempresentasikan di depan peserta yang lain.

Sesi foto bersama

Pemberian materi untuk calon pengurus OSIS tentang pembuatan RAB dengan pemateri Ibu Stephani Widowati S.S.

Untuk calon pengurus PMR diberikan materi kepemimpinan oleh Bapak Juhanto Adi Purnomo, S.Pd. Peserta mendapatkan materi mengenai apa arti seorang pemimpin dan bagaimana cara membentuk karakter seorang pemimpin.  Sedangkan untuk calon pengurus DA mendapatkan materi berupa proposal dan public speaking oleh Bapak Andi Windarto, S.Pd. Para peserta belajar mengenai proposal, jenis dan struktur proposal, cara membuat proposal serta teknik public speaking.

Pemberian materi Kepemimpinan oleh Bapak Juhanto Adi Purnomo, S.Pd.

Pemberian materi berupa proposal dan public speaking oleh Bapak Andi Windarto, S.Pd

Disela-sela pemberian materi yang padat, untuk membuat peserta lebih bersemangat maka diadakan sesi ice breaking. Peserta calon pengurus OSIS/MPK, DA, dan PMR terlihat mengikuti kegiatan ice breaking dengan penuh semangat dan bergembira.

Kegiatan Ice Breaking di Aula

Kegiatan selanjutnya adalah peserta dari calon pengurus OSIS/MPK mendapatkan materi dari Bapak Drs. Agus Syamsudin selaku Waka Kesiswaan. Bapak Agus menjelaskan apa arti dari OSIS/MPK, apa saja tugas mereka, hak dan kewajibannya, serta fungsi dibentuk organisasi tersebut. Bagi peserta dari calon pengurus PMR mendapatkan materi tentang sikap berorganisasi oleh Ibu Salistiyani, M.Pd. Dijelaskan bahwa sikap dalam berorganisasi itu penting untuk membentuk karakter pribadi dalam berorganisasi dan komunikasi yang baik antar sesama. Untuk calon pengurus Dewan Ambalan, mendapatkan materi kehumasan dengan pemateri Ibu Septin Puji Lestari, S.Pd, dan diterangkan apa arti humas yang berhubungan dengan publikasi kegiatan di lingkungan sekolah.

Pemberian materi mengenai fungsi dan tujuan organisasi OSIS/MPK oleh Bapak Drs. Agus Syamsudin

Pemberian materi tentang Sikap Berorganisasi oleh Ibu Salistiyani, M.Pd.

Pemberian materi Kehumasan oleh  Ibu Septin Puji Lestari, S.Pd.

Setelah diberikan waktu istirahat, pada sore harinya peserta mendapatkan kembali materi untuk dipelajari, yaitu untuk peserta calon pengurus OSIS/MPK berupa materi public speaking oleh Ibu Sri Hartati, S.Pd. Materi ini berisi tentang arti  public speaking, tujuannya, hingga berbagai metode yang digunakan untuk public speaking serta tips agar percaya diri saat berada di depan umum. Peserta juga mendapat kesempatan mempraktekkan salah satu metode public speaking di depan calon pengurus OSIS/MPK lain dengan tema anti bully. Untuk peserta calon pengurus PMR mendapatkan materi berupa Remaja Sehat Peduli Sesama dan pengetahuan obat oleh anggota PMR Wira SMA N 1Cepu yang disampaikan oleh Muhammad Fathul Rozaq dan Aniela Alva. Dijelaskan bahwa seorang remaja harus terbiasa peduli terhadap yang ada disekitarnya. Mereka juga dijelaskan berbagai macam obat dan penggunaannya. Materi ini menekankan bahwa seorang anggota PMR wajib tahu setidaknya jenis dan macam obat-obatan yang disediakan di ruang UKS dan fungsi obat-obatan tersebut. Sedangkan untuk peserta calon pengurus DA mendapatkan materi kepenegakan. Dalam materi ini mereka didampingi oleh Bapak Moedjiyono, S.A.P. yang menjelaskan apa saja yang ada di dalam satuan penegak serta kegiatan yang akan dilakukan dalam kepramukaan di SMA Negeri 1 Cepu.

Pemberian materi public speaking oleh Ibu Sri Hartati, S.Pd

Peserta menyimak materi dengan serius

materi mengenai Remaja Sehat Peduli Sesama dan pengetahuan obat oleh anggota PMR Wira SMA N 1Cepu

Penyampain materi Kepenegakan oleh Bapak Moedjiyono, S.A.P.

Setelah peserta beristirahat pada sore harinya, kegiatan LDK dilanjutkan dengan acara Malam Keakraban pada pukul 18.30 WIB. Acara malam keakraban dimulai dengan kegiatan upacara api unggun, bertindak sebagai pembina  adalah Bapak Drs. Agus Syamsudin. Beberapa peserta yang sudah di berikan tugas membawakan acara Malam Keakraban dan api unggun membawa obor api memasuki lingkaran kayu bakar yang telah disiapkan. Satu per satu Dasa Dharma Pramuka dibacakan dengan lantang hingga selesai. Kemudian pembawa obor serentak menyalakan api yang telah disiapkan hingga seluruh peserta menyanyikan lagu Api Sudah Menyala. Kegiatan api unggun terasa seru karena disertai dengan penyalaan kembang api yang meriah.

persiapan pasukan pembawa obor api unggun

Acara Api Unggun

Acara dilanjutkan dengan berbagai kreatifitas tampilan pentas seni oleh masing-masing kelompok peserta. Serunya tampilan membuat acara malam keakraban menjadi meriah dan menjadi hiburan tersendiri bagi seluruh peserta. Kegiatan pada malam keakraban diakhiri pada pukul 23.00 WIB, dan dilanjutkan dengan istirahat.

penampilan kreatifitas pentas seni dari peserta LDK

Pada hari ke-tiga yaitu Minggu, 8 Oktober 2023 kegiatan diawali dengan seluruh peserta LDK beserta panitia berkumpul di lapangan sekolah untuk melakukan senam pagi dan dilanjutkan dengan sarapan bersama.

Kegiatan senam pagi

Kegiatan sarapan pagi bersama

Kegiatan selanjutnya adalah Outbound yang dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB. Sebelum kegiatan outbound dimulai para peserta membuat strategi kemenangan serta membuat yel-yel per kelompok masing-masing. Dalam kegiatan ini terlihat para peserta mengikuti rangkaian kegiatan outbound dengan seru, kompak dan bersemangat

Akhirnya kegiatan LDK telah sampai pada akhir acara dan penutupan. Setelah para peserta melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan, panitia mempersiapkan upacara penutupan. Upacara penutupan dilaksanakan di Aula SMA N 1 Cepu yang dipimpin oleh Bapak Drs. Agus Syamsudin dan dihadiri oleh seluruh guru pembina, baik dari OSIS/MPK, PMR, maupun Pramuka. Sebelum LDK resmi ditutup, Bapak Drs. Agus Syamsudin berpesan untuk calon pengurus OSIS/MPK, PMR, dan Dewan Ambalan periode 2023-2024 agar amanah dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. Upacara ditutup dengan pengumuman tergiat kelompok, dan acara keakraban ucapan perpisahan sebelum pulang kerumah masing-masing. Selamat bertemu kembali pada kesempatan LDK berikutnya, SMA Negeri 1 Cepu TERDEPAN UNTUK JUARA!

 

Editor : Noor Laily Fitriyati, S.Pd.

Kontributor Berita : Fajar Rizki Tholib Setyawan (XI-3), Maysya Kirana Az Zahra (X-2), dan Zahra Fahriya Cesuari (X-2).

Agenda Sekolah

01
Agu 2024
25
Mar 2024

Pengumuman

Terbit : 30/05/2024
Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Inklusi di SMA N 1 Cepu
SMA Negeri 1 Cepu membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jalur Inklusi bagi Anak Berkebutuhan..
Terbit : 04/05/2024
Cek Pengumuman Kelulusan Kelas XII IPA/IPS Tahun Ajaran 2023/2024
Kepada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Cepu, Dengan ini kami ingin memberikan pemberitahuan penting..
Terbit : 07/09/2023
Pilketos Periode 2023/2024
SMA Negeri 1 Cepu melaksananakan pemilihan OSIS  secara online pada tanggal 12 September 2023. Ada 5..

Buletin Prisma

Rubah Mac Acak Menjadi Mac Perangkat
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.
Syarat dan Ketentuan Media Sosial
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.
Fasilitas WiFi Sekolah
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.
Troubleshoot WiFi Sekolah
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.
Syarat dan ketentuan Penggunaan WiFi Sekolah
Oleh : Tangguh Filosofi Ugra N, S.T.

Video Terbaru